Terkait Blasting, Cik Ujang Minta Pihak Perusahaan Jangan Suka Menakuti Masyarakat Desa
Bupati Lahat Panggil PT BAU

By Ariel 22 Jan 2020, 14:09:30 WIB Lahat
Terkait Blasting, Cik Ujang Minta Pihak Perusahaan Jangan Suka Menakuti Masyarakat Desa

Keterangan Gambar : Bupati Lahat, Cik Ujang saat mendengarkan penjelasan dari PT BAU


LAHAT,onlinekite.id - Polimik akan dilakukannya Blasting oleh pihak PT BAU menjadi kontra yang dihadapi oleh warga Desa Lebak Budi, Negeri Agung, dan Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat. 

Tak cukup disitu saja, Bupati Lahat, Cik Ujang SH langsung memanggil pihak PT BAU dengan menghadirkan pula pemerintahan Desa Lebak Budi, Desa Negeri Agung dan Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat.

Cik Ujang SH mengatakan, dirinya sudah mendengar adanya rencana PT BAU untuk melakukan Blasting di areal wilayah Bukit Serelo.

"Saya tekankan kepada pihak perusahaan PT BAU, agar kiranya Blasting ini dapat disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat setempat. Jangan mentang - mentang perusahaan sukanya menakut nakuti warga saja," kata Cik Ujang, Rabu (22/1/2020).

Bahkan Cik Ujang menambahkan, dampak dari blasting tersebut tentunya bisa merugikan masyarakat desa. 

"Pasti ada dampaknya akibat blasting tersebut. Kemungkinan ada kebun warga yang rusak serta rumah warga yang retak. Makanya saya himbau kepada perusahaan, tolong lakukanlah sosialisasi ke warga terlebih dahulu, karena setuju ngak setujunya blasting ini ada pada masyarakat," ucap Cik Ujang.

Tak ayal, dirinya cukup marah terhadap pihak perusahaan, karena dalam pemblastingan tersebut, seolah olah dirinya sudah mengeluarkan izin, padahal dirinya belum mengeluarkan izin tersebut.

"Sebelumnya saya sudah tahu mengenai hal ini, makanya saya diam saja, karena itulah, saya minta perusahaan jangan suka menakut nakuti warga desa. Nanti kalau hal ini terjadi, mungkin pemerintah yang disalahkan, lalu berujung demo," tegasnya.

Sementara itu, Humas PT BAU, Heru membenarkan bahwa, pihak perusahaan dipanggil langsung oleh Bupati Lahat terkait adanya rencana blasting yang dilakukan oleh perusahaan.

"Hari ini, perusahaan dipanggil langsung oleh pak Bupati Lahat terkait mediasi kita dengan warga desa dalam hal masalah pemblastingan. Namun intinya, kita tetap melakukan pendekatan lagi kepada masyarakat desa," kata Heru.

Dalam acara tersebut, turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat, Ir Agus Salman, Camar Merapi Barat, Eti Listina SP MM, serta Kades dan perangkat Desa Lebak Budi, Desa Negeri Agung, Desa Ulak Pandan. (arl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment