Ratusan Pedagang Geruduk Pemkab Lahat

By Ariel 10 Jul 2020, 06:42:10 WIB Lahat
Ratusan Pedagang Geruduk Pemkab Lahat

Keterangan Gambar : : Ratusan pedagang yang tergabung dalam PPPTMS Lahat saat menggelar unjuk rasa di halaman Pemkab Lahat


LAHAT,onlinekite.id - Ratusan pedagang yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Modern Serelo (PPPTMS) Lahat, menggelar aksi demo di halaman Pemkab Lahat, Kamis (9/7).

Ratusan pedagang ini mengadu ke Bupati Lahat dan DPRD Lahat, lantaran menilai pengelola PPPTMS semena mena. Pendemo yang merupakan pedagang ini selain berorasi menyampaikan aspirasinya juga membawa poster yang berisakan tuntutan.

Dalam tuntutanya yang disampaikan perwakilan PPPTMS Lahat, Dodo Arman dalam orasinya meminta agar Pemkab Lahat, menutup dan memberhentikan secara permanen seluruh aktivitas yang dilakukan oleh pihak yang mengaku sebagai pemilik dan pengelola PTM Serelo Lahat.

Menurutnya, kios dan ruko sudah habis terjual dengan memegang sertifikat hak milik. Tak hanya itu, diduga yang mengaku pengelola tak memiliki legalitas yang sah berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Karena ruko dan kios telah berpindah hak kepemilikan karena sudah terjual. Dengan sertifikat hak milik secara otomatis sarana prasarana dan utilitas umum menjadi hak masyarakat,"tegasnya, dihadapan ratusan pedagang.

Tak hanya itu, pedagang meminta dibebaskan biaya parkir kepada pemilik ruko. Kios penghuni, tamu penghuni, pedagang, pekerja tukang ojek dan tukan becak yang ada di kawasan PTM Serelo Lahat.

Selanjutnya, mereka meminta Pemkab Lahat membongkar palang parkir otomatis yang dibuat oleh orang yang mengaku pengelola PTMS karena kurang efektif dan efesian. "Menangkap dan mengadili seluruh oknum yang mengaku sebagai pemilik dan pengelola PTM Serelo Lahat.

Karena diduga telah lakukan pungli kepada pemilik ruko kios pedagang tukang ojek, tukang becak serta para sopir yang lakukan bongkar muat keluar masuk PTM Serelo Lahat serta diduga telah salah gunakan fasilitas umum yang ada di PTM Serelo Lahat, "kata dia.

Pedagang meminta, kata Dodo Arman Ambil alih alih seluruh sarana prasarana dan fasilitas umum yang ada di PTM Serelo Lahat. Dikarenakan pengembang diduga tidak punya etikat tuk menyerahkan hal tersebut kepada pemkab lahat.

"Pasalnya saat ini tidak terawat dan terpilihara dengan baik yang mengakibatkan minimnya kenyamanan pedagang dan pengunjung,"ujarnya.

“Kami minta pemda mengambil alih pengelolaan karena pedagang merasa tertindas dan di peras, "tegasnya, Dodo Arman. (arl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment