Jaga Ketersediaan Pangan dan Tetap Waspada

By Ariel 23 Mar 2020, 22:19:33 WIB Lahat
Jaga Ketersediaan Pangan dan Tetap Waspada

LAHAT,onlinekite.id  – Rapat koordinasi terkait isu penyebaran virus corona, digelar di ruang opproom Pemkab Lahat, Senin (23/3). Dalam rapat tersebut, diantaranya dibahas masalah ketersedian pangan dan upaya pencegahan.

Rapat diikuti oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH,  Wabup Lahat H. Haryanto SE MM, Dandim Letkol-Kav Sungudi SH, Waka Polres Lahat Budi Santoso SSos, Sekda Lahat Januarsah Hambali SH MM, Korwil 3 binda Sumsel,  Kepala Bulog Lahat, beberapa Kepala Dinas, maupun pengusaha.

Diungkapkan Bupati Lahat Cik Ujang SH, agar tidak ada penimbunan oleh oknum yang teak bertanggung jawab. Sehingga ketersedian pangan tetap terjaga. Selain itu, agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga. “Jangan sampai ada yang menimbun sembako, dan bila ada kenaikan harga jangan sampai tinggi,” ungkap Bupati.

Pihaknya meminta pihak Dinas Perdangan terus melakukan pengecekan harga di lapangan. Selain untuk tempat umum agar bisa disterilkan. Agar tidak terjadi penyebaran virus.

Sementara Kepala Cabang Bulog Lahat Hermain Indra Pohan mengungkapkan bahwa untuk stok beras aman. Pihaknya memiliki stok beras sebanyak 700 ton dalam bulan Maret 2020. Apabila kekurangan maka Bulog Lahat akan menyediakan kembali dengan meminta ke Bulog Provinsi.

“Untuk stok di Bulog Lahat masih mencukupi, namun apabila nantinya kekurangan, dari provinsi bakal dilakukan pengiriman kembali agar stok beras di Lahat terpenuhi,”terangnya. Lalu untuk minyak goreng 1000 liter, kemudian 2000 kg tepung terigu.

Ditegaskan Sekda Lahat H Januarsyah Hambali SH bahwa rencananya akan dilakukan penyemprotan di tempat- tempat umum, pada hari Jumat- Ahad mendatang.

Lalu untuk pool mobil antar provinsi mauopun kabupaten akan dilakukan pemantauan. “Nanti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatab akan melakukan pemantauan di terminal- terminal dan pool mobil,” ungkap Sekda.

Sementara Ketua DPRD Fitrizal Chomizi  Lahat berharap agar masyarakat jangan panic buying. Terkait adanya virus corona, sehingga melakukan penimbunan sembako. “Kita harap masyarakat tetap tenang namun tetap waspasa,” ungkapnya.

Selain itu pentingnya gugus tugas agar informasi yang diperoleh bisa valid. Sehingga bisa memberikan informasi ke masyarakat dengan baik dan benar. “Kita juga meminta masyarakat agar bisa menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak memberikan informasi yang tidak jelas dan membuat kepanikan,” tukasnya. (gbr)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment